Pasar Gambir Mulai Tertata, Pedagang Apresiasi Pengelola

Berita7 views

TATA: Andes Simatupang saat pemilihan pengelola Pasar Gambir.

DELISERDANG – Setelah dikelola Andes Simatupang, Pasar Gambir yang beralamat di Jalan Pasar 8 Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang semakin tertata. Akibatnya, para pedagang dan warga mulai merasakan dampak positif.

Andes Simatupang dipercaya untuk mengelola pasar oleh pedagang melalui pemilihan yang demokratis pada 28 Desember 2023.

Pemilihan pengurus disaksikan langsung dari Disperindag Deliserdang, Muspika Kecamatan Percut Sei Tuan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat.

“Pasar Gambir ini sudah tertata sehingga kami mulai nyaman berjualan,” ujar Nuri, salah seorang pedagang sayur mayur kepada wartawan, Minggu (22/9/2024).

Tambah Nuri, selama ini mereka sangat terganggu karena lokasi pajak kotor seakan tak terurus. Padahal selalu ada pengutipan dari pedagang.

“Setelah Pak Andes Simatupang mengelola Pasar, kondisinya makin bagus. Karena mulai bersih dan pembeli mulai masuk belanja,” tambahnya.

H. Marwan Daud yang mengaku pendiri pasar tersebut juga menambahkan Pasar Gambir saat ini sudah mulai tertata dengan baik. Hal Ini membuat warga mulai berbelanja ke pajak tersebut.

“Belum setahun dikelola Andes Simatupang, pajak Gambir ini sudah mulai bagus. Sampah-sampah mulai bersih. Saya harapkan lebih baik lagi,” harapnya.

H. Marwan Daud berpesan kepada Andes Simatupang agar lebih bekerja keras lagi menata pajak. “Saya lihat tempat sampah, tempat parkir sudah ditata dengan baik,” jelasnya.

H. Marwan Daud juga meminta supaya jangan ada pihak-pihak tertentu yang coba mengganggu ketenangan pedagang dan pengelola pasar.

Sementara Andes Simatupang mengatakan setelah dipercaya pedagang mengelola Pasar Gambir, ia bersama pengurus lainnya siap membuktikannya.

“Sampah-sampah langsung dibersihkan dan diangkat. Dan ada pekerja kebersihan terus keliling di pajak untuk mengambil sampah,” terang Andes.

Tambah Andes, tempat sampah, parit dan parkir sudah ditata sehingga pedagang tak perlu lagi repot-repot mencari parkir.

Keprofesionalan Andes Simatupang dalam mengelola pasar tersebut semakin dibuktikan.

Pengelola rutin menggantikan papan paret, pengorekan parit 1×2 minggu, mengutip retribusi sampah per bulan,
retribusi listrik per bulan, pergantian lampu.

Penyediaan keranjang sampah goni, penyediaan sapu, pembersihan kamar mandi, petugas bersih sampah pagi. Serta rutin mengangkut sampah untuk di bawa ke mobil Sampah.

Namun Andes Simatupang berharap agar Disperindag segera memberikan mandat pengelolaan pajak kepada mereka. (wil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *